Halo semua! hari ini aku mau cerita gimana caranya aku dapetin 50 dollar pertama dari Upwork. Buat yang belum tau, Upwork itu salah satu platform online buat para freelancer, jadi upwork itu orang ke tiga yang menghubungkan freelancer dengan klien yang butuh jasa mereka. Fokus bidangnya banyak guys, dari mulai jasa penulisan kaya script writer dan translator gitu, terus ada design grafis, web development, marketing dan jenis jasa lainnya. Nah, di blog ini, aku mau cerita gimana caranya sampe bisa dapet cuan, buat kamu yang mau nyoba juga semoga bisa jadi motivasi.
| Upwork |
Aku tau Upwork ini dari Twitter, jadi ada yang bikin thread freelance terus aku tertarik dan iseng bikin akun. Awalnya aku gak ada ekspetasi lebih buat dapetin klien disini, karena jujur aku sendiri pun masih bingung skill apa yang bisa aku jual. Kemudian aku riset tentang Upwork ini, kaya “gimana sih cara dapetin klien” dan “jasa apa yang ramah buat pemula”. Setelah riset, ternyata yang cocok buat pemula kaya aku—terlebih belum punya skill expert—itu data entry dan penulisan. Nah, kebetulan saat itu aku punya projek media namanya sobat baca, disini aku banyak nulis artikel dan bikin review ala ala gitu deh. Nah, hasilnya aku masukin ke portofolio.
Waktu itu aku bikin portofolio di canva
karena udah ada template dan gratis juga (mungkin next aku bikin tutorial bikin
portofolio di canva). Setelah portofolio jadi, aku langsung lengkapin profile
Upwork-ku kaya project yang aku kerjain sebelumnya terus bikin summary profile
biar calon client tau apa yang kita tawarkan terus juga harga per jam-nya jasa
kita. Ini contoh profile yang aku buat:
| Profile Summary |
Kalian bisa bikin profile summary
yang lebih bagus lagi, bikinnya bisa pake GPT atau Deepseek. Dulu pas aku mulai
(tahun 2021) saat itu aku belum familiar sama AI jadi bikin profile dari rangkuman
punya orang lain. Setelah semua udah di set, kemudian aku nyari klien dengan
keyword “data entry” terus aku masukin beberapa proposal. Ada kali 10 lebih
yang enggak di bales. Tapi tetep aku lanjutin apply lagi, ya anggap aja ini
proses belajar.
Tips dari aku:
·
Bikin proposal yang straight to the point atau
gak bertele-tele dan jangan lupa pastiin isi proposalnya sesuai dengan apa yang
client tersebut inginkan, jadi budayakan membaca deskripsi pekerjaan terlebih
dahulu.
·
Jangan sok jago, tapi kasih liat kalo kamu
ngerti tugasnya apa.
·
Terakhir, kasih tau kalo projek/tugas tersebut cocok
sama kamu, misalnya karena kamu pernah ngerjain projek yang sama.
Setelah melewati berbagai penolakan
(ga ada balesan) akhirnya ada satu yang nyangkut, clientku ini dari perusahaan
start-up yang lagi ngembangin aplikasi gitu, jujur unik sih si aplikasinya
yaitu app buat nyari referensi kegiatan yang bisa dilakukan bareng
temen/keluarga. Nah, tugas dari client ini sangat simple yaitu, disuruh nyari
ide kegiatan yang bisa dilakukan di waktu luang terus di deskripsikan. Setelah dapet
notifikasi kalo aku di hire, kita lanjut komunikasi di kolom chat yang ada di
Upwork.
Tugasnya aku kerjain sesuai dengan
deadline, sambil sesekali update progress ke client. Hasilnya:
·
Client seneng sama kerjaanku
·
Aku dapet rating bagus
· Dan yang paling penting… dapet $50 pertama
| feedback dari client |
Yang aku pelajari dari sini adalah:
1.
Enggak harus jadi expert dulu buat mulai
2.
Paling penting adalah niat
3.
Terus client suka sama orang yang responsive dan
mau belajar
Jadi, buat kamu yang masih bingung
mau mulai dari mana, semoga cerita ini bisa kasih Gambaran dan semangat hehe. Next
time, aku bakal share tips nulis profil & proposal versi aku. Pantengin ajaaa
Comments
Post a Comment